Bismillah, tetep berusaha walau susah, cause ALLAH SWT always by our side

Wednesday, December 28, 2016

Cara Menghadapi Kehidupan? What? Tir? Really?



Gue, Aku, Saya. Orang yang baru hidup 20 tahun lebih sebulan ini sebenernya gak bisa belagu ngomongin hal kaya gini. I know. I perfectly know. BUT, di akhir tahun masehi ini gue suka berpikir kalo apa yang gue dapet dari gue lahir sampe sekarang itu masih kurang. Contoh, di keluarga gue, seni itu gak terlalu penting, yang penting lo sekolah dapet ranking, itu udah bagus. Sekarang gue berani jamin kalo seni itu sampe sekarang penting bgt buat gue, contohnya:
source: http://static.tumblr.com/

1.       Waktu gue SMA, gue stres bgt pas ujian praktek seni musik. SENI MUSIK. Gue ga bisa main seni musik kayak gitar dsb. Gue Cuma bisa main pianika. Pi- a- ni- ka. So sad gak sih? Sekarang, gue mau ada acara (disini posisi nya gue lagi jadi panitia gitu) terus bingung, yang ngisi hiburan siapa? Biasanya dicari lah orang yang bisa MAIN MUSIK dan NYANYI. HA!. Kalo gue bisa, gue gak perlu bayar sepeser pun buat hal beginian.

 
2.       Waktu gue kuliah, ada aja tugas yang berhubungan dengan seni, misalnya bikin poster, bikin layout laporan (Sumpah gue gak pernah dapet bagian ini, paling mentok gue bikin cover sekali selama 2 tahun) itu butuh jiwa seni yang BAIK. Yaah, gue akui, sense of art gue juga gak jelek lah, tapi ketika ga bagus juga, apa yang bisa diandelin?
3.       Gue ada mata kuliah, judulnya tapak, sejenis rancang gitu lah (sumpah gue gak ngerti jelasinnya gimana, harap maklum). Gue lumayan bersyukur, tangan gue gak kaku buat gambar. Gue tau, gambar teknik itu berbeda dari gambar bebas, tapi imajinasi ketika melakukan hal kayak gini, lo pikir Cuma bisa di dapet dari CARA MENGGAMBAR TEKNIK TINGKAT DASAR? Kagak woy, lo butuh imajinasi, lo butuh kreatif yang itu perlu lo asah lebih dari 1 semester pastinya.
Hal-hal diatas itu penting guys, gak bisa diremehin. Belum lagi basic public speaking. Gue sih ngerasanya gue bisa lah dasar-dasar nya, jadi gue gak panik panik amat kalo disuruh jadi presentator atau MC. Motivasi terbesar gue ialah, pas gue SMP, gue punya guru Bahasa Indonesia, namanya Bu Titiek. Nah beliau itu bilang, misal ada tetangga kalian meninggal, keluarga nya ga ada yg bisa jadi pembawa acara (contoh: jenazah akan di makam kan di... dst) karena terlalu berkabung, nah siapa lagi dong? Disitu kita harus siap. Kemampuan public speaking kita harus siap. Bahkan misal lo mendadak gantiin MC yang jantungan, lo harus bisa. Harus? Kalo lo panitia nya, lo harus bisa. Nah ini, ini soft skill2 yang sebenernya penting tapi sering dilupain orang banyak. 
source: https://cdn.brainpop.com/english/studyandreadingskills/publicspeaking/screenshot1.png

Lagi, kepercayaan diri dan sifat ksatria itu juga penting. Lo bisa ngapain aja, kalo gak bisa percaya diri bakal cuma jadi penonton aja. Misal, lo punya ide, bagus bgt ide nya, terus lo ga berani sampein di depan orang lain, ide lo ya ngebusuk aja disitu. Atau parahnya, lo Cuma bisa bilang ide lo ke temen deket lo, gak tau nya, ide lo di ambil. Nah, abis lah. Ide itu bisa jadi emas atau duit jaman sekarang. Jangan pernah mendem ide, apalagi di jaman yang lagi nuntut inovasi melulu. Jiwa ksatria apaan Tir? Lo kalo pernah pramuka pasti lo tau DASA DHARMA PRAMUKA kan? Itu pelajaran bagus. Ada poin tentang jiwa ksatria. Lo – jangan – pernah – jadi – pengecut – di – belakang – sana. Lo perbuat apa, ya lo harus berani tanggung konsekuensinya. Lo janji A, ternyata lo gak bisa menuhin janji itu ya lo harus minta maaf dan cari penggantinya. Lo salah, seberapa tinggi status lo, ya lo minta maaf. Malu? Kalo lo ga mampu, lo masih ada muka buat ngasih nasehat ke anak lo nanti? :”) (anak bgt Tir?)
source: http://www.iliketoquote.com/img/3493.jpg
Sebenernya juga, hidup ini lo jalanin bukan Cuma buat jadi masternya ilmu akademik. Banyak hal-hal yang lo gak dapet disana. Jangan jadi orang yang sombong. Plis jangan, seberapa tua elo, seberapa pinter elo, seberapa kaya elo, plis malu buat sombong. Bisa jadi ada orang yang lebih hebat di situ yang lagi ngetawain lo di dalem hati nya, wkwkwk. Lo senior? Ya terus kenapa, lo jadi senior paling juga karena lo lahir duluan. Lo pinter? Yakin? Kepinteran itu ada IQ, EQ, SQ. Masih yakin? Lo kaya? Bersiaplah buat jadi di bawah (lagi- mungkin?). gue emang sotoy, tapi gue Cuma ngasih tau aja pahitnya sombong:
1.       Lo jadi gengsi. Lo mau nanya aja lo gengsi. Akhirnya lo kurang wawasan, kurang kenalan, kurang link lah simple nya. Terisolasi deh dari pergaulan.
2.       Lo jadi gak bersyukur. Loh? Maksudnya gimana? Kan sombong itu “membanggakan” rezeki juga” . Gini, bersyukur adalah ketika lo menyadari rezeki lo dengan bijaksana. Apa sombong itu termasuk bijaksana? Apalah artinya rezeki kalo mau buat disombongin? Huhuhu
3.       Lo jadi dosa L udahlah, lo paham kan?
Yak, intinya gue ga nasehatin deh, (walau susunan kata nya demikian) gue Cuma mau berbagi uneg-uneg gue tentang hal-hal yang udah gue alamin selama 20 tahun ini. See you when I’m in a good mood. BHAY!

1 comment: