Bismillah, tetep berusaha walau susah, cause ALLAH SWT always by our side

Wednesday, December 24, 2014

IS THIS THE BEGINNING of MY JOURNEY? : No Matter What I Get, The Process is The Thing I Value Most!



So, buat kamu yang mungkin kayak aku (suka curhat dan mendengarakan orang curhat) mungkin kamu-kamu semua bakal seneng baca tulisanku ini (or, in this case, ketikan ya) jadi gini, aku mau cerita nih tentang perjalanan aku UN, pengumuman, persiapan sbm, SBM, persiapan UM dan sampe aku masuk Kuliah, ketemu temen baru, sikap baru, Ospek dan semua yang bikin kamu surely jadi penasaran.
And.. this is how it begins.. Once upon a time..
                UN, singkatannya bukan United Nation, tapi Ujian Nasional. Kenapa sih ada embel2 nasionalnya? Karena ini diadain di lingkup Indonesia (ya gitu lah, ngertikan) lagian kalo jadi Ujian Internasional kan lingkupnya kegedean. Wong, yang se indonesia aja masih berantakan -.- jujur aja, UN SMA aku itu... susah juga ya. Bukannya mengakui kebodohan, Cuma emg susah. Dibanding SMP, waktu smp, un nya gampang bgt sampe2 bisa kali sambil nonton doraemon. Mungkin salah di gue nya juga ya waktu itu jujur aja ga terlalu serius sama UN karena lagi kecanduan hebat sama yang namanya baca. Keren kan? Baca komik, baca novel, baca fanfiction (fyi, fanfiction buatan orang luar emg bagus ya plotnya). Aku inget tuh, belajar UN itu gak maksimal. Setiap TO badan udah kecapean buat ngerjain tugas dari ibu-bapak guru yang kayak debit air di sungai amazon. Aku inget banget belajar UN itu rela banget belajar di bimbel sampe jam 10 malem, pulang sendirin naik motor jaraknya itu 5 kilo lah kerumah dan, kalo udah jam setengah sepuluh, gang timbul (kayak gang pintas gitu) serem to no end. Meskipun begitu, aku harus tetep berani, kalo engga nanti ga belajar, malah tambah berabe -.- kalo pulang pasti ditanya “udah makan?” “tidur sana, jangan belajar mulu” pernah juga pulang-pulang udah disediain kwetiauw + jus stroberi yang enak tenan!. Tapi aku yakin, malem nya itu aku pasti belajar lagi atau ngerjain PR. Kalo gak ya baca komik atau fanfic, hehe
Nilai TO gue gak konsisten, naik turun terus. Tapi yang nilainya selalu paling jelek itu bahasa indonesia. Maaf kan aku ibu pertiwi, bukannya aku sombong sama bahasa sendiri, tapi sumpah emang susah. Buat gue jawaban ABCDE itu kayak beras didalem karung, sekilas sama semua, tapi pas kita perhatiin satu-satu semua punya kekurangan dan kelebihan yang memungkinkan jawaban itu bener atau salah. Sayangnya, gue gapernah merhatiin beras dalem karung. Jadi ya.. you know lah T.T nilai 5, 5 setengah, 5 setengah lagi dan sampai TO terakhir yang paling tinggi yaitu 7,25.. disitu aku gak pasrah. Aku gak pernah pasrah kalo soal beginian. Aku cuma nurunin target aku aja, ya karena aku tau aku gamampu lebih dari 8 atau mungkin 7,5.
Buat matematika? I love math. Matematika itu asik loh, bisa diputer puter, di bolak balik kayak pisang goreng, ya intinya matematika itu ask lah UN nya, walau ada 5 soal UN mtk yang aneh bgt, sampe kalo kata gue sih itu soalnya hoax. Biologi? Aku juga suka pelajaran yg ini. Susah sih, tapi asal udah nemu dan paham bgt sama materinya ini hanya akan jadi piece of cake lah kalo kata orang yang ahli di bidangnya. Sekali lagi, saya bukan orang yang ahli dibidangnya. But still, aku suka sih belajarnya jadi semua baik-baik aja. Tapi emang, aku harus hidup-hidupan buat bikin segala macem catetan, notes kecil, saking kecilnya sampe ga keliatan (gaib) ya tapi seriusan, karena aku orang yang gampang belajar atau nginget sama sesuatu yg visual jadi aku beneran bikin catetan. Aku mau recommend nih buku biologi namanya RINGTONE (Ringkasan Teori...... apaya? Aku lupa) pokoknya penulisnya Renobayan. Bagus banget kawan, you should read it! Terus buat kimia, jujur aja sih, aku ga terlalu suka, sama kayak fisika, tapi karena gurunya asik asik (kimia: guru GO, kodenya DA) (fisika: Pak Adil, yang rajin nget2 ngasih dan bahas soal) jadi lancar, selama aku ada niat. Karena walau ini berdua tergolong ramah sama aku, tapi aku gak enjoy belajarnya.
Terusss, hasil UN nya? Selamat kepada Fisika yang berada di posisi tertinggi dan B.indonesia di posisi terendah. Aku lupa urutan yg 3 matpel lain gimana. Gak perlu kan aku kasih tau nilai ku? Hahaha. Ga bagus kok.. gak jelek juga tapi. Yah masih masuk SKB lah (Standar Kepuasan Batin). Tbh, aku ini orangnya ga pernah tuh maksain sesuatu untuk capai targetku, maksudnya kayak ada yang melakukan hal ilegel buat mencapai target nya dia gituu. Aku itu orangnya punya standar. Standar Kepuasan Batin yang Cuma bisa dinilai, diciptakan, dirasakan sama aku. Sekilas emang aku bakal keliatan ambisius, tapi jujur aja, seberapa besar yang gue dapet di akhir, kalo gue ga puas sama prosesnya, gue gak bakal seneng. Ribet sih, tapi.. udah tuntutan hidup kayaknya ya. Pernah ya, dapet tugas, masih bisa nyontek, jujur aja bukannya sombong, tapi kalo menurut aku tugasnya penting atau aku anggep bagus buat aku kerjain, aku gak bakal nyontek, seberapa pun susahnya. Apa hubungannya sama cerita kali ini? Banyak lah hubungannya.. intinya, aku ini bahagia kalo aku puas gak harus perfect, tapi yang penting hati udah cukup lega dan hasil yang didapet di akhir masuk batas SKB hahahaha. Nilai UN aku gabagus, nilai rapot ku turun, tapi aku puas.. ya.. jujur aja, semua nilai ujian aku murni ya, no campur tangan ilegal. Hahaha. Intinya proses itu yang paling aku hargai deh.
Btw, aku ini orangnya moodian banget ya. Aku udah gak mood ngomongin masa SMA, mau cepet bahas masalah kuliah nih. Hahaha tetep baca blog aku ya!

P.S : maaf ya bahasanya gak konsisten pake gue-aku haha jadi karena sekarang di Semarang sudah mengurangi bilang gue-lo dan beralih jadi aku-kamu jadi ya gini deh kecampur-campur bahasanya (wink)
waktu mau buka hasil UN pas wisuda yang di sekolah


gak tegang kok

foto kelas sama kelas ku 12 IPA 3

foto sama temen-temen sehidup sehidup ku


No comments:

Post a Comment