Bismillah, tetep berusaha walau susah, cause ALLAH SWT always by our side

Tuesday, October 7, 2014

Hitam Manis Kota Semarang

Kenapa judulnya Hitam Manis Kota Semarang?
Kenapa judulnya sama seperti judul poster TI?
Semua itu dikarenakan saya akan menceritakan kembali bagaimana sih PKL di Semarang, yaitu PKL di Taman KB dan di Jalan Erlangga Raya.



Sebagai pendatang di kota Semarang, saya baru saja menganal tempat-tempat menarik disini. Tugas Teknologi Informasi (TI) kemarin memberikan kesempatan bagi saya dan teman-teman saya yang berasal dari luar Kota Semarang untuk mengenal tempat-tempat yang terkenal maupun yang sudah tidak terkenal disini.
                Kelompok kami terdiri dari 7 orang, yakni Tiara (saya), Fajar (oarng asli semarang yang berperan sebagai guide), Nadia, Nova, Laila (Ella), Arman dan Ardi. Kami mengambil tema tugas tentang PKL (Pedagang Kaki Lima) yang berlokasi di Jalan Erlangga Raya dan Jalan Menteri Soepeno (Taman KB). Survey hari itu kita mulai pukul 3 sore dari semarang atas (daerah UNDIP) dan diperkirakan 30 menit untuk sampai ke lokasi. Namun dikarenakan ada kecelakaan mobil pembawa oli perjalanan sempat terhambat 10 menit oleh macet.
                Lokasi yang pertama kami datangi adalah PKL di Jalan Erlangga Raya. Disana para PKL berjualan makanan/jajanan yang terkenal enak. Ada Tahu Gimbal, Es Campur Durian, Siomay, Bakso dan jajanan-jajanan kecil lainnya. Tempatnya ramai, namun memang sedikit terganggu oleh aroma tidak sedap dari got disana. Harga makanan disana termasuk harga standard yakni Rp. 15.000,-. Makanan / jajanan di aderah sini sudah terkenal enak rasanya dan menjadi lokasi yang recommended untuk para pendatang.
Lokasi kedua yang kami sekelompok sambangi ialah PKL daerah Taman KB atau di sekitar Jalan Menteri Soepeno. Berbeda dengan PKL sebelumnya. PKL disini baru ramai jika sudah malam hari. Jika kita datang pukul 4, hanya aka nada beberapa PKL yang sudah buka, namun secara keseluruhan tempat ini masih sepi sekali. Harga makanan disini juga tidak berbeda dengan PKL di daerah Erlangga Raya. Kembali kami lihat perbedaan disini ialah, tempatnya tidak bau, dan berkonsep lesehan, sehingga cukup nyaman untuk dikunjungi, terutama ketika malam hari karena ada mainan-mainan atau pertunjukkan sehingga lebih ramai dan bagus.
Sekali lagi saya perkenalkan tagline kelompok kami untuk PKL di dua daerah ini, yakni "Looks Ordinary but Feels Extraordinary" Hal tersebut akan anda rasakan jika anda telah mencoba makan di tempat-tempat tersebut. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment