Bismillah, tetep berusaha walau susah, cause ALLAH SWT always by our side

Sunday, January 25, 2015

IS THIS THE BEGINNING of MY JOURNEY? : What’s done is done! Deal with it!



SBMPTN itu.. bisa dibilang perang sesungguhnya buat kamu para pejuang PTN!
Aku pun salah satunya hahaha. Enaknya kalo baca cerita ini sambil denger lagunya Demi Lovato yang Warrior ya.. wkwkwk gak lah
Jadi gini, abis UN gue memutuskan buat istirahat sejenak dari yang namanya belajar. Stop ke meja belajar. Stop buka buku stop konsul-konsul kelamaan. Waktu itu aku masih punya kepercayaan sama SNMPTN atau bahasa jadul nya jalur Undangan sebenernya.
Nah, pas Ganesha Operation (atau gampangnya let’s called it GO ya guys) yang merupakan (eaak) bimbel gue kala itu udah masuk, entah tanggal berapa, lupa wkwk, gue fokus lagi belajar, nginget2 lagi pelajaran UN karena SBM itu pelajaran UN yang dipersulit (sampe sini, kalo mau istighfar silahkan, aku tau kok, mempersulit orang lain itu dosa J haha) asal kalian tau ya, nginget nginget pelajaran yang ga penting (maaf bgt ya yg udah bikin kurikulum susah2 eh, dibilang ga penting sama orang ga penting) itu susaaaah bgt, jadi aku saranin, walau selesai UN tetep ulang2 pelajaran dan jangan TERLALU mengharapkan SNMPTN haha. Dari awal GO intensif SBM aku Alhamdulillah GAK PERNAH GA MASUK. Wuhuuu. Mau lagi ujan, terik, angin, masuk angin aku tetep usahain masuk. Karena aku tau, SBM itu susah, SBM bukan tempatnya orang main main and so is PTN. Jadi karena PTN itu tempatnya manusia2 penuntut ilmu pembangun bangsa, masukinnya susah.
Kalian tau, les dari siang sampe sore, pagi belajar buat persiapan les, intensif senin-jum’at ditambah Konsul buat persiapan TO dan nyelesain soal laknat TO yang gabisa dikerjain, sabtu TO dan belajar bareng anak non-GO buat perbandingan soal juga gak lupa Liqo. Keliatannya kayaknya gue ngibul bgt ya bisa serajin ini, sampe ngalahin Nobita, tapi ini serius, tapi aku jujur aja, GAK SETIAP HARI aku ngelakuin itu, karena takutnya jenuh dan emang kalo udah ga ngerti sama soal mau ngapain lagi selain diam dan beristirahat sejenak. Selain banyakin usaha aku juga memperbanyak doa dan menghibur diri dengan movie2 download-an. Gak apa-apa kok, setelah bekerja keras, kamu berhak ngasih penghargaan buat diri kamu sendiri, entah kamu main, nonton, jajan eskrim, atau ngapain yang kamu suka. Kenapa? Karena di fase ini, kita rentan banget buat jenuh. Bayangin aja, setiap hari makan soal yang keliatannya gak bisa dikerjain tapi entah kenapa di tangan tangan ajaib kakak bimbel semua itu bisa terselesaikan dan pas lo coba sendiri di rumah lo balik lagi mikir, it’s impossible to be solved.
Pokoknya nilai TO gue yang pertama itu cuma 23% dan turun jadi 21% di TO kedua lalu menanjak ke angka 33% dan naik lagi ke 35% lalu yang tertinggi 38% dan jatuh ke angka 32% di TO terakhir. Stres? Pasti. Apalagi aku orang gampang banget mikirin hal-hal yang kayak gitu. Pokok nya pilihan pertama aku itu 36% (kesmas UNDIP) terus 33% (pwk UNDIP) sama 28% (ekonomi apa gitu namanya di IPB). Oh ya, fase stres aku paling parah waktu udah FIXED GAK LULUS SNMPTN dan pas TO terakhir nilai aku turun parah. Parah! Disitu sempet putus asa serius. Tapi ya gimana ya pilihan tinggal nyerah PTN dan beralih PTS atau usaha hidup-hidupan sampe dapetin PTN. Being belagu aku pilih yang kedua :p hahaha
Akhirnya aku sampe pada tanggal SBMPTN akan dilangsungkan. Aku daftar SBM di akhir sesuai saran pihak GO biar (katanya) dapet wilayah Jakarta yang ga jauh dari daerah bagian timur. Wala, aku dapet SBM di SMAN 71 Jakarta. Deket, bareng juga sama Yuka!(salah satu temen seperjuangan SBM gue). Aku jujur ya, soalnya itu beda (ga beda bgt) sama yang di TO but still aku blank abis sampe2 denger lagu Taylor Swift yang Blank Space (boong deng) aku pasrah bgt, per pelajaran Alhamdulillah bisa kerjain 2 atau 3 nomor. Tapi TPA nya ada ynga gabisa, padahal aku targetin kerjain semua kayak pas TO tapi ya gabisa 10 pas matdas mati kutu, b.indo sama b.ing Alhamdulillah.. aku jawab hampir semua karena aku tau, pelajaran lain cuma berpeluang sedikit buat nambahin nilai. Habis SBM aku inget banget mikir gini: “selamat tinggal Kesmas, selamat tinggal PWK” tapi aku gapernah bilang “kalian terlalu baik buat aku, aku gapantes” hahaha enak aja! Usaha gue aja ngalahin Nobita masa iya gue gapantes, mungkin gue cuma salah nargetin rejeki wkwkwk. Intinya aku mikir nya “What’s done is done! Deal with it!”
Setelah SBM aku gak kayak yang lain, aku gaikut UM UGM atau SIMAK UI. Kenapa? Gak tertarik.. aku tau soal itu bakal lebih laknat daripada SBM. Aku waktu itu cuma daftar UM UNDIP karena katanya gak susah susah banget, tapi kalo kalian donlot soal2 UM nya paling pada ketar ketir di Matdas sama Fisika.. haha.. aku pasrah banget sama SBM deh dan fokus belajar UM. Gini aja deh, itu perjuangan tinggal dikit lagi, UM jangan dilepas, tinggal itungan bulan atau mau ngitung sampe setaun lagi? Ayo semangat, intinya itu yang ada di otak gue saat itu.
Pengumuman SBMPTN? Aku gabisa buka dari laptop aku sendiri. Error gitu, ya tau lah berapa ribu calon mahasiswa yang mau buka, akhirnya aku minta tolong Ranti yang alhamdulillah udah lulus T. Lingkungan UNDIP dan kalian tau? Aku lulus SBMPTN 2014 jurusan T. PWK UNDIP.

No comments:

Post a Comment