Bismillah, tetep berusaha walau susah, cause ALLAH SWT always by our side

Tuesday, October 6, 2015

Hal apa sih yang harus dipersiapkan pas mau kuliah?

Halo para pembaca blog gueee.

jadi gini, kemarin fenomena MABA bau saja terjadi. yeee prok prok prok buat kalian yg udah dapet kampus idamannya.
sebelumnya gue mau curhat aja, waktu gue MABA gue sebenernya bingung, mau ngapain pas menjelang kuliah. bayangin aja, abis pengumuman SBM 2014 dulu gue kaga pernah ya yg namanya belajar. tambah2 jurusan gue ilmunya baru bgt ga ada di SMA (read: PWK)

lantas, sebagai orang yang penuh persiapan kaya gue, jadi bingung, ngerasa gajelas, hampir ga pede deh pas mau kuliah. tapi, karena sekarang gue udah smt 3, jadi gue paham apa sih yg seharusnya gue lakukan menjelang kuliah. ini dia:


  1. KOST
    yak, jadi ini krusial banget. (ambigu sih ya judulnya antarapersiapan kuliah bgt, atau persiapan kita pas nanti mau kuliah wkwkwk maklum aja yaa). kos itu penting bgt. kenapa? karena ini bakal jadi rumah kedua lo yang bakal diisi oleh nugas, istirahat atau tempat nongki cantik sama temen temen lo. tapi kos ini ga berlaku bagi kalian yg bukan perantau, atau masih memungkinkan untuk PP kampus-rumahmamipapi.
    jadi gini, gampangnya, saat lo mau pilih kost, pilih sesuai kebutuhan. jangan sampe lo pilih kost cuma karena deket atau mewah dan hits. tapi bener-bener sesuai kebutuhan. kepo-in dah jurusan yg lo ambil itu bakal gimanain jadwal hidup lo. simple nya gini. anak plano (read: teknik pwk) banyaaak bgt bgt tugas kelompokan, satu tugas satu kelompok, setiap kerja harus ketemuan kelompok. jadinya banyak juga temen gue yg jarang balik kost dan lebih sering nginep kostan temen atau stay di tempat nugas kayak misalnya nugas di kampus sampe pagi, nugas di tempat makan 24 jam yg free wi fi dsb. intinya anak itu ga perlu perlu amat kostan mewah nan cantik, toh dikostan aja jarang, sayang kan udah bayar mahal-mahal malah jarang dipake (cuma sih tetep bebas lahhh). lain cerita kalo jurusan lo itu banyak PR nya, banyak mengharuskan lo dibelakang meja untuk belajar. akan lebih baik kalo lo nyari kosan yg bagus, karena itu bakal jadi tempat bernaung lo hampir 12 jam.
    mau share pengetahuan aja, anak teknik biasanya suka pulang malem (nugas, organisasi dsb) jadinya gue saranin yg ga ada jam malem atau yg buka 24 jam (sama aja yak wkwk) karena kalo kostan lo tutup jam 9 dan lo selalu selesai kegiatan jam 10 ditambah yg punya kost gamau bangun malem-malem buat bukain pager buat lo, lo akan terdampar di kostan temen atau terpaksa stay di tempat makan 24 jam.
  2. Pernak Pernik Kamar
    Saat lo udah disedian kamar, pasti lo ga mau monoton lah mau kamar yg flat2 aja, jadi lo juga bisa nih tambah pernak pernik, kaya misalnya tambahin stiker atau gantungan2 unyu supaya kamar lo ga boring garing gitu. kamar gue sih tergolong boring garing. karena jujur aja gue udah ga sempet ngurusin mainan kaya gitu wkwkwk. gue cuma mau ngingetin: pastiin pihak kostan memperbolehkan penempelan stiker atau pernak-pernik lainnya. karena gaenak kan, kalo pas lo mau pindah kostan tapi lo udah menodai dindingnya. juga, inget, jangan sampe hiasan lo bikin kamar lo terlihat lebih urakan walau lagi rapih dan bersih, bisa mempengaruhi mood loo, cuma itu kan selera. pastiin juga kamar lo ga bocor, karena, kalo iya, semua tempelan lo bisa luntur dan kamar makin suram.
  3. Alat tulis u/ kuliah dan seni
    Ini penting, alat tulis kuliah lo wajib kepoin senior lo paling engga, lo di jurusan butuh apa, ada yg butuh pensil2 khusus mungkin buat desain, ada yg butuh penggaris2 khusus juga pokoknya ini di dahulukan. inget, lo mau kuliah, jadi perlengkapan kuliah harus lengkap dulu, baru perlengkapan lainnya.
    Alat tulis untuk seni juga penting karena hidup lo juga butuh refreshing, paling engga alat warna daah karena pasti ada kegiatan yg butuh gunting (buat ngebuka botol kecap, barang berbungkus, nusuk sesuatau wkwk) spidol (buat ngasih nama biar barang-barang lo ga di betak) post it sebagai reminder tugas dan reminder lo naro barang barang kecil dimana (misal: Kertas Polio ada di laci meja paling bawah)
  4. Pakaian
    Sebagai MABA, biasanya ada seragam khusus gitu looh kaya hitam-putih-pantofel-kerudung hitam/putih jadi kamu harus siapin dana buat beli pakaian seragam MABA lo.
    Kalo udah selesai masalah seragam, beli lah kemeja, karena ga semua jurusan ngebolehin lo pake kaos (or the worst nya pake tank top kaya di ftv). baju2 kerah (ga harus kemeja) juga bisa. yang ga kalah penting lagi itu, BATIK. karena batik adalah warisan leluhur yang harus di jaga dan di banggakan. wuhuhuhuhu
    Baju kondangan atau baju formal juga penting ternyata, bayangin kalo lo gengsi masuk acara formal dari jurusan/ fakultas/ universitas cuma karena lo ga punya baju dan ga bisa mix and match baju nguliah loo. huhuhuhu
segini dulu yaa, kalo ada saran silahkan di comment atau kalo lo kenal gue bisa langsung chat atau personal conversation aja sama gue, nanti Tiara tambahin part 2 kalo memungkinkan. makasih semua. bayy yiha!

No comments:

Post a Comment